')

BEKAL BERHARGA KEANON SANTOSO DARI AJANG AFR SERI 2 SHANGHAI

  • Bagikan

tkmracing (29/4)

Performa Keanon Santoso di ajang Asia Formula Renault Rd. 2 yang digelar di Shanghai International Circuit (28-29/4) belum dapat dibilang maksimal. Keanon memang sempat menghadapi beberapa kendala mulai di sesi latihan resmi hingga saat balapan. Turun di ajang bergengsi ini pada putaran kedua membuat Keanon harus berjuang ekstra keras menghadapi para rivalnya yang sudah terlebih dahulu mengaspal diputaran pertama Zuhai.

"Proses run in mesin sudah kami lakukan kamis (26/4), dan pada sesi latihan resmi Keanon sempat mengalami masalah keseimbangan pada kendaraannya. Masalah ini membuat kendaraan Keanon mengalami penguncian saat melakukan pengereman, hingga team sempat mengganti sistem suspensi." Ujar Way Leong, Manager Keanon Santoso. Dalam sesi latihan tersebut Keanon Santoso hanya mampu membukukan catatan waktu 2:06.900 detik.

Bersama sang Manager, Way Leong

Memasuki babak kualifikasi yang digelar Sabtu (28/9), Keanon Santoso mulai mempertajam catatan waktu terbaiknya. Meraih 2:05.109 detik Keanon berhak menempati posisi 7 saat start Race 1, dan dengan catatan waktu yang hampir sama, Keanon juga berhasil naik ke posisi 5 untuk start Race 2.

"G Force di sirkuit Shanghai ini sangat besar sampai badan terasa agak sakit saat melintasi tikungan 1,2 dan 3. Saat kualifikasi tadi saya hanya turun 2 putaran dan kebetulan lintasan agak crowded saat kualifikasi tadi." Tambah Keanon Santoso.

Mencoba mengatasi berbagai kendala

Saat balapan Race 1 digelar pada Minggu (29/4), Keanon yang start dari posisi 7 berhasil naik satu peringkat ke posisi 6. Tekanan-tekanan pun mulai diberikannya pada lawan didepannya. Memasuki paruh balapan, satu insiden ditikungan akhir membuat safety car harus masuk dilintasan. Namun sayang kesempatan memperbaiki posisi pupus akibat ban belakang kendaraan Keanon mengalami sobek yang parah imbas dari usahanya menekan lawan diputaran-putaran sebelumnya.

"Lawan didepan saya selalu memblocking laju kendaraan saya sehingga beberapa kali saya harus melakukan pengereman kuat bahkan hingga masuk kerb. Saat itulah ban belakang saya sobek hingga kendaraan jadi understeer parah setelah safety car keluar. Selanjutnya saya hanya bertahan dilintasan dan finish di posisi 9." Terang Keanon Santoso.

Usaha ekstra keras di putaran kedua

Pada Race 2 yang dilombakan beberapa jam kemudian, Keanon memulai start dengan mulus meskipun harus turun satu posisi ke urutan 6. Putaran-putaran selanjutnya Keanon mulai mampu memisahkan diri ikut dalam rombongan pertama yang mulai meninggalkan lawan-lawannya di belakang. Ditengah upayanya untuk menembus jajaran 5 besar, Keanon kembali mengalami masalah. Kali ini gearbok kendaraan Keanon mengalami kerusakan hingga kendaraan tak lagi mampu dipacu dalam kecepatan maksimal. Hal ini juga mengakibatkan Keanon melorot ke posisi 8 saat balapan usai.

"Pada Race 2 saya fokus untuk masuk 5 besar, namun kerusakan gearbok diputaran-putaran akhir membuat kecepatan saya drop hingga 2 lawan dibelakang saya sempat melewati sebelum finish." Imbuh Keanon Santoso.

Seri Asia Formula Renault selanjutnya akan digelar di Zuhai International Circuit pada Juni mendatang. Berdasarkan informasi resmi, putaran 3 yang rencananya di gelar di Ningbo International Speedpark mengalami perubahan tanggal dan tempat pelaksanaan.

Optimis di putaran 3 Zuhai Juni nanti

"Ya di putaran 3 nanti saya akan tampil lebih baik lagi. Pengalaman di putaran 2 ini benar-benar menjadi bekal berharga saya, dan saya tetap optimis akan mampu berprestasi di putaran-putaran Asia Formula Renault selanjutnya." tutup Keanon Santoso.

Semangat Keanon, Kamu pasti bisa

0 Comments

Post Comment

Comment From :

Relevant News

WOW, PEBASKET SATRIA MUDA BALIK TANTANG KEANON SANTOSO

Kehadiran Keanon Santoso pada partai final Gojek Pre Sesion IBL 2018 yang dihelat di Sritex Arena Surakarta Jawa Tengah (Sabtu 21/10) kiranya m ....  

BALAPAN KOMUNITAS APA UNTUNGNYA

Semakin membludaknya jumlah kendaraan bermotor khususnya roda dua tak hanya berimbas pada semakin padatnya jalan raya, tapi hal yang lebih memp ....  

KEANON SANTOSO TANTANG DUA PEBASKET SATRIA MUDA

Pebalap Keanon Santoso tampak hadir dalam partai puncak kompetisi basket bertajuk Gojek Pre Season IBL 2018 yang digelar di Sritex Arena Suraka ....