')

SOLO DEKLARASIKAN DIRI MENJADI KOTA OTOMOTIF

  • Bagikan

tkmracing.com (5/3)

Kota Surakarta memiliki arti sendiri dalam perjalanan sejarah otomotif nasional. Fakta sejarah meriwayatkan bahwasanya Sri Susuhunan Pakubuwono X adalah orang Indonesia pertama yang memiliki kendaraan roda empat yang merupakan salah satu barang mewah dan mahal pada saat Sang Raja memimpin Surakarta pada periode tahun 1893 hingga 1939.

Dalam perkembangannya hingga kini, Surakarta pun mampu menyumbangkan para insan otomotifnya yang mampu menunjukkan taji bukan hanya ditingkat nasional tapi juga di tingkat Internasional. Sepak terjang para pebalap-pebalap asal Surakarta tak hanya mengundang decak kagum dari penggila otomotif nasional, bahkan penggemar olahraga otomotif dunia pun semakin mengenal Indonesia melalui torehan-torehan prestasi para pebalap asal Kota Surakarta.

Rio Haryanto, Pebalap Indonesia pertama asal Surakarta merambah balap F1

Sebut saja Rio Haryanto. Pebalap yang memulai prestasi dari ajang gokart ini telah mendulang segudang prestasi dalam perjalanan karirnya. Sejak menggeluti gokart hingga kelas Formula BMW,  Formula 3, GP3 dan GP2, Rio terus mencatatkan prestasi apiknya. Hingga pada awal 2016, wong Solo satu ini sukses membalap dari balik kokpit jet darat F1 yang merupakan balapan kasta tertinggi dan termahal di kategori mobil formula. Namun sayang, kurangnya dukungan finansial berimbas pada karirnya di balap F1 padahal saat itu Rio Haryanto tengah mendapatkan sorotan-sorotan positif dari publik dunia.

Santoso bersaudara, Kezia, Keanon dan Kealton perjuangan dari lintasan gokart


Melanjutkan tongkat estafet, Kezia Santoso hadir bersama sang adik Keanon Santoso sebagai generasi emas para pebalap Kota Surakarta dilintasan gokart. Kezia mampu tampil sebagai satu-satunya pegokart wanita Indonesia yang bersaing sampai di kejuaraan Internasional. Bahkan hingga kini, ditengah kesibukan studinya di negri Ratu Elizabeth, Kezia tetap menyalurkan bakat balapannya di kejuaraan-kejuaraan level Eropa. Sementara catatan prestasi Keanon Santoso pun tak bisa dianggap sebelah mata. Tahta juara Nasional berhasil direngkuhnya pada tahun 2015 yang mendapuk dirinya sebagai wakil Indonesia dikejuaraan Rotax Max Grand Final Portugal. Perjuangannya ditahun 2017 pun kembali mengulang sukses Keanon sebagai duta bangsa pada kejuaraan Rok Cup Final yang diselenggarakan di Italia.

Hal tersebut diatas adalah contoh kecil pencapaian-pencapaian prestasi yang telah dipersembahkan para pebalap asal Surakarta. Dari lintasan roda dua pun Kota Surakarta telah menelurkan para pebalapnya di kancah nasional. Belum lagi dari cabang-cabang lain olahraga beradrenalin tinggi ini.

Berangkat dari hal-hal tersebut diatas, tidak lah berlebihan bila kini Publik Otomotif Surakarta berkeinginan untuk mendeklarasikan Kota Surakarta sebagai Kota Otomotif. Selain meneruskan kisah sejarah dan penghargaan atas prestasi para pebalapnya, diharapkan Deklarasi ini akan semakin mempererat jalinan persaudaraan dan silahturahmi di kalangan komunitas otomotif Kota Surakarta. Dimotori oleh Komunitas Indonesia Satu, acara akbar deklarasi ini akan digelar pada hari Sabtu 10 Maret 2018 bertempat di Lapangan Parkir Stadion Manahan mulai pukul 10.00 s/d 17.00.

"Persiapan kami sudah mantap untuk acara ini. Dengan dukungan Walikota Surakarta Bpk. FX Hadi Rudyatmo dan beberapa instansi terkait kami berharap momen ini akan menjadi momen bersejarah yang akan terus dikenang oleh masyarakat Kota Surakarta. Komunikasi dan kordinasi dengan sekitar 200 klub motor dan mobil telah kami laksanakan dan kami targetkan 1000 motor dan 1000 mobil hadir diacara ini." Papar Lilik. S yang merupakan Sekjen Indonesia Satu.

Lebih jauh Lilik menyampaikan bahwa selain hiburan dan panggung besar, acara Deklarasi ini juga akan mengundang tokoh-tokoh penting Kota Surakarta dan juga tokoh-tokoh nasional. Deklarasi ini juga diharapkan akan menjadi pemacu semangat pebalap-pebalap asal Kota Surakarta untuk terus berprestasi, dan tentunya bagi instansi-instansi terkait dapat lebih peduli dalam hal pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh seluruh publik otomotif Kota Surakarta.

"Ikrar Deklarasi itu sendiri akan di gelar tepat pukul 16.00," demikian tutup Lilik. s.

Ayo warga Surakarta dan sekitarnya, Kita hadiri dan sukseskan Deklarasi Surakarta Kota Otomotif sebagai bentuk kepedulian Kita akan kemajuan dunia otomotif Kota Surakarta.

0 Comments

Post Comment

Comment From :

Relevant News

JADWAL MEPET, GERHARD LUKITA TETAP TAMPIL MAKSIMAL

Pembalap muda ABM Motorsport, Gerhard Lukita tampil memukau dengan memboyong 8 tropi di pagelaran Street Race BSD Grand Prix, Minggu (2/12) kem ....  

DAFFA AB, JUARA DITENGAH KENDALA

Balapan Eshark Year End Race akhir pekan lalu benar-benar menjadi langkah awal bagi Daffa AB untuk mengintip peluang besarnya tampil berjaya ....  

HANYA SELISIH SATU POIN, HARIDARMA REBUT GELAR JUARA NASIONAL ITCC 1600 MAX

Pagelaran Street Race BSD Grand Prix yang dilangsungkan di Sirkuit BSD, Minggu (2/12) menjadi ajang final bagi para pembalap yang memperjuangka ....