KURNIAWAN ADHIYASA PUTRA, SOPIR TRUK EKSPEDISI YANG PUNYA HOBI BERGENGSI


tkmracing.com (24/5)

Gelaran Eshark Rok Cup memang laksana panggung ajaib yang selalu melahirkan kejutan-kejutan dalam tiap penyelenggaraannya. Perkembangan olahraga gokart tanah air yang terus menggeliat menjadi gambaran nyata di kejuaraan domestik ini. Sebagai satu-satunya kejuaraan gokart nasional, Eshark Rok Cup memang benar-benar telah menjelma menjadi barometer kemajuan para pegokart-pegokart lokal dalam kiprahnya hingga ke pentas internasional.

Peran serta bentuk R1 Racing

Salah satu kejutan yang tercipta di gelaran Eshark Rok Cup adalah sepak terjang Kurniawan Adhiasa Putra pegokart R1 Racing. Pria yang akrab disapa Mancung tersebut nerupakan sopir truk ekpedisi yang berhasil menembus lintasan balap Eshark Rok Cup yang bergengsi. Laksana ketiban bulan, kesempatan mengikuti balapan ini ditempuh dengan penuh perjuangan dan keberuntungan. Lalu bagaimana kisahnya? Mari kita ikuti wawancara singkat tkmracing.com dengan salah satu karyawan PT. SHS International Charoen Pokphand Group tersebut.

“Semua berawal di tahun 2015. Saat itu saya mencoba gokart disalah satu rental di Jakarta. Dari situ timbulah kecintaan saya terhadap olahraga ini yang ternyata sangat menguras tenaga dan butuh konsentrasi tinggi.” tutur Mancung mengawali kisahnya.

Usaha dan keberuntungan di lintasan gokart

Tak hanya berhenti begitu saja, keinginan Mancung untuk terus menggeber gokart membawanya pada kompetisi-kompetisi kejuaraan gokart rental yang digelar dibeberapa kota pada tahun 2016. Tekad kuatnya menekuni olahraga gokart rental memang memaksanya untuk membagi waktu, pikiran dan penghasilan dengan keluarga kecilnya.

Kebanggaan dalam profesionalitas

“Saat saya mengikuti balapan gokart rental di kota Solo, disinilah awal pertemuan saya dengan Bapak Yongliek Santoso selaku pemilik TKM Gokart Rental Solo sekaligus TKM Racing Jakarta. Dari hasil pembicaraan-pembicaraan seiring perjalanan waktu  akhirnya saya pun turut membantu berdirinya R1 Racing yang dikomandani Mas Ari Irawan.” Tambah Mancung.

Pose bersama pegokart TKM Racing

Akhirnya kesempatan berkarir gokart secara profesional datang juga di tahun 2018 ini. Melalui kepercayaan yang diberikan Eris Mahpud (punggawa ESI Motorsport) dan dukungan Yongliek Santoso serta Ari Irawan, Mancungpun melepaskan hasratnya turun mengaspal di lintasan Sentul International Karting Circuit yang selama ini hanya ada dalam angan-angannya. Tak tanggung-tanggung, Mancung turun di dua kelas berbeda yakni Senior Rok GP dan Master Rok GP.

Podium 4 di putaran 3

“Ini semua memang diluar ekspektasi saya dan tidak menyangka bisa balapan dengan para pegokart profesional. Walaupun minim persiapan, saya bersyukur bisa mendapatkan thropi juara 5 Senior Non Seeded dan juara 3 Master Non Seeded di putaran 2 serta juara 4 Master Rok GP di seri 3. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Bapak Eris Mahpud, Bapak Yongliek Santoso dan Mas Ari Irawan, juga untuk para mekanik yang telah mendukung. Tak lupa thropi ini juga saya persembahkan untuk kedua orang tua dan keluarga saya dirumah.” papar Mancung seraya berharap agar di seri-seri selanjutnya tetap mendapatkan kepercayaan kembali untuk terus mengaspal serta support dari tempatnya bekerja.

Menanggapi perkembangan olahraga gokart dewasa ini, Mancung menyampaikan rasa salutnya akan prestasi para pegokart lokal baik didalam dan luar negeri. Persaingan ketat disetiap kelas lomba merupakan sinyalemen para pegokart-pegokart Indonesia memiliki bakat dan kemampuan yang hampir sama.

Berharap tetap terus balapan

“Gokart rental bukanlah hal yang sepele karena memiliki peran penting dalam penyaluran bakat pegokart-pegokart baru yang akan turun ke kelas profesional. Banyak juga pegokart Indonesia yang mengawali karirnya dari gokart rental. Diharapkan kedepannya para pegokart profesional mau berbagi ilmu dengan para juniornya di gokart rental demi kemajuan olahraga gokart nasional itu sendiri.” Ucap Mancung mengakhiri perbincangan.

Okelah kalau begitu. Tarreeekkkk Mannggg

Reyhan Ilyas

 

Kategori:News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: