KART TEAM HMM UNPAS BANDUNG, TARGET JUARA UMUM GEARBOK 2018


tkmracing.com (01/5)

Prestasi cemerlang mampu ditorehkan Kart Team HMM Unpas (KTHU) dari generasi ke generasi dalam keikutsertaannya pada kejuaraan-kejuaraan nasional gokart di Indonesia. Kreatifitas sekumpulan anak muda yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Pasundan Bandung ini memiliki arti strategis dalam kancah perkembangan olahraga gokart khususnya di kelas mahasiswa. Berdiri sejak 1 November 2001, kini KTHU bertekad untuk menguasai kembali peta persaingan seperti pada masa-masa kejayaannya dulu.

Himpunan Mahasiswa Mesin Unpas

“KTHU berdiri atas prakarsa Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pasundan Angkatan 1998-2000. Saat ini KTHU terus berjalan dibawah Dendi Abduk Kholik sebagai General Manager Team.” Ujar Dede Malki juru bicara yang mewakili KTHU.

Adapun motivasi yang melandasi terbentuknya KTHU adalah sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi dan kreatifitas para mahasiswa teknik mesin Unpas sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap olahraga otomotif hingga mampu menjadi prestasi yang membanggakan baik untuk team dan kampus. Saat ini KTHU beranggotakan 16 orang mahasiswa tknik mesin Unpas dibawah naungan Unit Kegiatan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Mesin Unpas.

“Dalam perjalanannya, alhamdulillah Kami sering meraih gelar juara nasional baik dalam event Rotax Max Challenge juga untuk event Eshark Rok Cup. Hanya di musim balap 2017 lalu Kami kehilangan gelar juara nasional.” tambah Dede Malki.

Maju dengan biaya apa adanya

Ketika disinggung mengenai biaya operasional saat latihan atau balapan, Dede Malki memaparkan bahwa selama ini pihak Universitas Pasundan selalu memberikan dukungan baik moril maupun materiil kepada KTHU selain ttntunya pihak kampus juga berperan sebagai penanggung jawab dan pelindung yang memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan team.

“Ya memang tidak semua proposal yang kami ajukan mendapatkan persetujuan dari pihak kampus. Untuk itu kami menyiasatinya dengan menjual kaos atau merchandise KTHU atau kadang kami meminta bantuan mahasiswa lain untuk turut urunan biaya.” Papar Dede Malki.

Gelar juara penghilang lelah

Saat ini KTHU memiliki tiga pegokart yakni Dede Malki, M. Iqbal Tawakal dan Andiyanto. Sedangkan nama-nama seperti Richi Nelfis, Wandi Robert Hutabarat, Bambang Kuncoro, Asep. k, Ronal Kastari, Solahudin Sandiego, Taufik Setiadji, Darmawan Saputra, dan Anzar Gumilar adalah sederetan pegokart-pegokart yang telah mengharumkan KTHU dari generasi-generasi sebelumnya. Proses regenerasi pun terus dilakukan secara berkesinambungan terutama saat penerimaan mahasiswa baru. KTHU secara langsung akan memberikan pelatihan-pelatihan kepada para anggota baru menyangkut hal-hal dalam olahraga gokart.

Dede Malki pun sempat menyoroti perkembangan olahraga gokart. Menurutnya saat ini perkembangan balap mobil kate ini sudah sangat maju pesat, meskipun ada beberapa regulasi yang sebaiknya ditinjau kembali dan disesuaikan dengan kemampuan para mahasiswa khususnya pada kelas gearbox.

Seluruh anggota KTHU siap dukung dalam suka dan duka

“Salah satunya adalah regulasi mengenai penggunaan ban yang secara tidak langsung mengharuskan para mahasiswa membeli ban baru untuk balapan. Selain itu regulasi dikelas gearbox nasional yang disatukan dengan mesin shifter buatan pabrik. Hal ini berimbas pada berkurangnya support dari pihak kampus karena mesin hasil karya para mahasiswa sulit bersaing dengan mesin pabrikan. Kami hanya berharap agar kelas gearbok mahasiswa jangan dipandang sebelah mata, karena walau bagaimanapun gearbok mahasiswa termasuk dalam sejarah perkembangan gokart nasional.” Imbuh Dede Malki.

Namun dengan nada optimis, Dede Malki juga nengungkapkan harapannya agar kelak akan semakin banyak lagi mahasiswa-mahasiswa khususnya fakultas teknik mesin yang turun di ajang balap gokart gearbok ini. Selain persaingan yang akan semakin ramai, kualitas kejuaraan juga diharapkan semakin baik lagi.

Kembali ke KTHU, apa target di 2018 ini?

“Merebut kembali gelar juara nasional 2018.” ucap Dede Malki singkat.

Wahhh sungguh mengagumkan semangat para generasi muda bangsa ini. Semoga berhasil.

Reyhan Ilyas

Kategori:News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: